Tampilan jam dan tanggal di desktop ubuntu

Waktu jalan-jalan ke FKI (festifal kompuer Indonesi) aku menyempatkan untuk ngintip tampilan windows vista di laptop-laptop yg ada di display. Pengen tahu aja seperti apa tampangnya os andalan microsoft tersebut. Setelah beberapa saat aku perhatikan pikir-pikir kok gak ada yg menarik di tampilan vista, biasa aja, kecuali satu hal; tampilan jam analog dan tanggal yg ada di desktop. Menarik. Meski aku tahu itu bukan hal yg baru. Tapi apakah karena hal itu gue beli vista? Eit...nanti dulu. Yg punya tampilan jam dan tanggal seperti itu bukan hanya vista. Linux juga punya. Jadi? Ya...teuteup pake ubuntu dan cari program untuk menampilkan jam dan tanggal di desktop lalu install di ubuntu gue. Caranya? Applikasinya? Cari infonya di www.ubuntuforums.com. Ini hasil penelusuranku dan udah aku praktekan;

Nama Applikasi
Untuk keperluan tersebut diatas ada banyak applikasinya. Dan yg aku gunakan adalah gDesklets.

Install
Aku pake ubuntu 7.04. Untuk menginstallnya langsung saja install karena sudah da di repository

durahman@durahman-desktop:~$ sudo apt-get install gdesklets

Jalankan Applikasi
Applikasi gdesklet ada di menu [application] [acessoris]

Cara pemakaian
Cari category yg mau ditampilkan di desktop. Kalau udah ketemu di drag lalu drop ke area desktop yg kita mau. Info selanjutnya silahkan baca-baca sendiri di file help-nya, kalau ada.



0 komentar: